Fungsi Dan Pengaplikasian Kawat Bronjong (gabion) Yang Tepat


Fungsi Dan Pengaplikasian Kawat Bronjong (gabion) Yang Tepat

Fungsi Utama Kawat Bronjong (Gabion)


Sejak awal terciptanya Kawat Bronjong pada umumnya dibuat untuk mencegah terjadinya erosi, abrasi dan longsor. Kawat Bronjong biasanya ditempatkan atau dipasang pada bangunan yang lokasinya berdekatan dengan sungai, pantai atau tebing yang rentan terhadap terjadinya longsor.



Bentuk-bentuk lubangan pada kawat bronjong ada 2 jenis macam, yaitu berbentuk kotak dan segi enam, dan pembuatan lubangan itupun sudah disesuaikan berdasarkan pada rumus perhitungan kawat bronjong.
Kawat Bronjong PVC 2019


Aplikasi Kawat Bronjong (Gabion)

Pengaplikasian Kawat Bronjong untuk konstruksi sangatlah umum digunakan sebagai struktur penahan tanah, agar tidak terjadi pergesekan atau pergerakan tanah yang menyebabkan longsor. Digunakan juga sebagai pondasi perkuat untuk hunian terutama di daerah dataran tinggi, sebagai pelindung jembatan, pelindung jalur kereta api, sarana untuk memperkuat sisi tebing, dan masih banyak lagi.

- Lining atau Pelindung Tepi Sungai

Aliran air sungai mampu mengikis perlahan tepian sungai dan itu amatlah sangat berbahaya untuk struktur sungai itu sendiri.
Jika hal itu terjadi  dapat mengakibatkan kegagalan struktur penahan tanah yang menyebabkan tebing sungai itu mengalami longsor.
Idealnya susunan batu pada kawat bronjong yang masih berongga dapat menjadi sarana pertumbuhan rumput-rumput yang membuat struktur dinding penahan yang menggunakan kawat bronjong menjadi lebih solid dan kuat.

- Groynes atau Groundsill

Adalah sistematis dari konstruksi kawat bronjong yang digunakan sebagai pembantu mencegah terjadinya erosi di sepanjang aliran sungai, terutama di lekukan aliran sungai.
Pemasangan kawat bronjong groynes gabion dapat memperlambat aliran arus sungai sehingga penggerusan air didinding tanggul sungai dapat diminimalisir dan dapat mengumpulkan endapan lumpur diarea dasar dan tepi sungai.

- Retaining Wall

Kawat Bronjong juga dapat dimanfaatkan sebagai tembok penahan tanah terhadap beban dan tekanan tanah aktif yang berada diatas permukaannya.
Konstruksi bronjong yang berat dapat memberikan momen guling yang besar untuk menahan longsor yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

- Pelindung Gorong-Gorong

Kawat yang dipadukan dengan konstruksi gorong-gorong dapat menjadi sebuah pelindung gorong-gorong dalam menahan tekanan beban diatasnya, juga berperan sebagai retaining wall.

- Pelindung Abutmen Jembatan

Kawat Bronjong digunakan sebagai pencegah terjadinya gerusan dibagian konstruksi jembatan yang vital.
Pelindung ini tidak akan mengganggu konstruksi jembatan secara menyeluruh karena aliran air sungai dibagian abutmen tersebut.



Dan pada dasarnya, tiap-tiap fungsi dari kawat bronjong menggunakan ukuran standar kawat bronjong dipasaran. Setelah mengenal kawat bronjong dan fungsinya, Tentunya sekarang anda dapat mengetahui apa saja kegunaan Kawat Bronjong.
Pesan Sekarang di jualan kawat bronjong untuk mendapatkan harga terbaik dari kami.

Kawat Bronjong Galvanis Jakarta
Kawat Bronjong PVC Jakarta
Kawat Bronjong Mesin SNI Jakarta
Kawat Bronjong Galvanis Bogor
Kawat Bronjong PVC Bogor
Kawat Bronjong Mesin SNI Bogor
Kawat Bronjong Galvanis Surabaya
Kawat Bronjong PVC Surabaya
Kawat Bronjong Mesin SNI Surabaya
Kawat Bronjong Galvanis Bekasi
Kawat Bronjong PVC Bandung
Kawat Bronjong Mesin SNI Jogja

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
wa
wa